Mendadak ke Candi Mendut

Candi Mendut terletak di kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi mendut lokasinya cukup dekat dengan candi pawon dan candi borobudur, tapi terkadang candi mendut sering terlupakan oleh para wisatawan jika berkunjung ke kawasan candi borobudur. Beberapa waktu yang lalu saya mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke tetangganya candi borobudur ini yaitu ke candi mendut dan candi pawon. Ternyata lokasi candi mendut sangat mudah sekali dijangkau menggunakan angkutan umum, karena jalurnya masih satu arah jika kita menuju candi borobudur.

7 September 2018 saya berangkat dari jakarta menuju candi mendut menggunakan bis malam dengan tujuan solo. Kenapa solo ? kenapa tidak langsung jogja ? Sebenarnya awalnya saya membeli tiket Sudiro Tungga Jaya jurusan  maospati via cemoro sewu karena mempunyai rencana naik gunung lawu, tetapi ternyata mendekati hari H gunung lawu ditutup, jadi dari pada tiket hangus atau di batalin dan kena potongan 25 %  lebih baik digunakan saja dan secara mendadak berpikir ingin merubah jadwal jalan-jalanya dari gunung lawu di rubah ke candi mendut. Saya berangkat dari agen bis pondok pinang dengan merubah rencana turun menjadi turun di solo. Singkat cerita jam 02.30 saya sampai di terminal tirtonadi solo, di terminal tirtonadi solo saya sengaja menunggu pagi karena ingin sekalian mencoba naik kereta api  prambanan ekspres, karena sudah lama punya keinginan naik kereta prameks tetapi selalu gagal.

Setelah selesai sholat subuh saya langsung menuju stasiun solo balapan dengan sebelumnya membeli tiket  kereta api prambanan express di counter kereta api terminal tirtonadi. Singkat cerita kereta api yang ditunggu datang dan langsung berebut tempat duduk dengan penumpang lainya. Perjalanan yang nyaman membuat saya tertidur karena semalam suntuk saya di bis tidak bisa  tidur, kurang lebih jam setengah 7 pagi sudah sampai di stasiun tugu, jogjakarta. Setelah turun kereta saya langsung menuju ke halte bis trans jogja malioboro 1 guna melanjutkan perjalanan ke terminal jombor. Perjalanan trans jogja dari malioboro ke terminal jombor kurang lebih 30 menit karena harus 1 kali transit. Setelah sampai terminal jombor langsung naik bis cemara tunggal jurusan jombor - borobudur, bis ini durasi keberangkatanya dari terminal jombor 1 jam sekali.

ka prambanan ekspres

bis jurusan jombor - borobudur

Rute yang di lewati bis ini melalui  muntilan dengan lama perjalanan dari jombor sekitar 45 menit. Jadi jika naik bis ke kawasan borobudur kita akan melewati candi mendut terlebih dahulu, kemudian lewat candi pawon dan terakhir terminal borobudur. Jika ingin langsung ke candi mendut bisa langsung turun tepat di depan pintu masuk candi mendut, setelah itu tinggal jalan kaki menuju loket yang jaraknya tidak jauh dari jalan raya. Harga tiket bus dari terminal jombor ke candi mendut yaitu Rp. 15.000.

Tiket masuk candi mendut Rp. 3.500 dan tiket ini berlaku untuk masuk ke candi mendut dan candi pawon, jadi jika dari candi mendut ingin langsung ke candi pawon nanti di candi pawon tinggal menunjukan tiket yang kita beli di candi mendut. Transportasi  dari candi mendut ke candi pawon atau ke candi borobudur adalah bis, delman, ojek online dan ojek pangkalan, kebetulan saat saya ke candi mendut saya naik ojek online.