Jalan - Jalan ke Keraton Kaibon


Keraton Kaibon terletak di Kecamatan Kasemen , Kota Serang. Disini saya tidak menjelaskan tentang Keraton Kaibon, karena sudah banyak yang menulis tentang Keraton Kaibon. Saya hanya berbagi pengalaman mengenai cara ke keraton kaibon menggunakan angkutan umum. Ini merupakan kedua kalinya saya mengunjungi kawasan Banten Lama. Kunjungan pertama saya hanya ke Masjid Agung Banten dan Benteng Surosowan dan kunjungan kedua saya hanya ke Keraton Kaibon. Perjalanan saya dimulai dari Stasiun Pasarminggu naik KRL tujuan Tanah Abang, di tanah abang saya melanjutkan kembali dengan KRL tujuan Rangkasbitung. Lama perjalanan dari tanah abang sampai stasiun rangkasbitung kurang lebih 1 jam 45 menit.






Dari stasiun rangkasbitung masih harus berganti kereta api dari KRL ke KA Lokal Merak. Dari rangkasbitung naik KA Lokal Merak dengan tujuan stasiun karangantu, perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit. Setelah turun distasiun karangantu kemudian jalan kaki menuju keraton kaibon. Jarak dari stasiun ke keraton sekitar 700 meter. Sebenarnya ada angkot atau ojek, tetapi saya memilih jalan kaki saja. Jika kita memilih jalan kaki, setelah keluar area stasiun  kita ambil arah kiri, kemudian setelah ketemu pertigaan ambil arah lurus, jika ke kanan akan menuju ke masjid agung banten dan benteng surosowan. Kemudian setelah melewati jembatan ambil kekanan, kurang lebih 300 meter disitulah letak pintu masuk keraton kaibon. 

stasiun karangantu
 
setelah melewati jembatan ini belok kanan

Saat saya ke keraton kaibon ternyata sedang ada renovasi dan tidak ada penjagaan, jadi tidak ada tiket masuknya. Sepanjang perjalanan dari stasiun menuju keraton banyak sekali warung dan toko, jadi tidak usah kawatir soal makanan dan minuman. Lokasi keraton kaibon selain sebagai tempat wisata sejarah juga menjadi lokasi untuk pemotretan terutama prewedding, karena memang tempatnya sangat cocok dengan kesan tempo dulu.













Estimasi Biaya dan Transportasi menuju Keraton Kaibon :
  • Pasarminggu - Rangkasbitung (KRL) : Rp. 10.000
  • Rangkasbitung - Stasiun Karangantu (KA Lokal Merak) : Rp. 3.000
  • Tiket Masuk Keraton Kaibon : Masih Gratis
  • Stasiun Karangantu - Rangkasbitung (KA Lokal Merak) : Rp. 3.000
  • Rangkasbitung - Pasarminggu (KRL) : Rp. 10.000