Keagungan Candi Jago


Kunjungan saya  ke candi jago merupakan suatu kebetulan yang sudah lama di rencanakan. Kenapa kebetulan ?  karena sudah lama punya rencana ingin ke candi jago tetapi tidak pernah punya kesempatan. Nah, akhirnya kesempatan itu datang juga manakala ada acara mendaki gunung semeru. Karena kebetulan mendaki gunung semeru titik kumpul sebelum pendakian di tumpang dan  basecamp tempat menginap tidak jauh dari candi jago, jadi sekalian berkunjung ke candi jago. Candi jago letaknya di Tumpang, Malang, Jawa Timur atau sekitar 500 meter dari pasar tumpang. Candi ini cukup unik, karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian dan menurut informasi karena bagian atasnya terkena petir.


Bis Jakarta - Malang

Singkat cerita 27 Desember 2018 saya sendirian dari jakarta naik bus menuju malang dengan tujuan utama hendak ke gunung semeru sekaligus mampir ke candi jago. Perjalanan naik bis dari lebak bulus menuju malang via tuban sekitar 18 jam lamanya. Setelah 18 jam perjalanan  sampailah di terminal arjosari, malang. Dari terminal arjosari lanjut naik angkutan kota berwarna putih dengan kode AT tujuan tumpang. Perjalanan dari terminal arjosari sampai tumpang sekitar 45 menit. Kemudian turun di rest area tumpang atau turun di pertigaan arah candi jago. Setelah turun dari angkot terus jalan kaki ke arah kiri dari arah datangnya angkot. Setelah berjalan sekitar 200 meter sampailah di candi jago, candi jago letaknya di sebelah kanan jalan.




 

Sangat mudah kan angkutan umumnya menuju candi jago.?  Tiket  masuk ke candi jago gratis alias sukarela, dan setiap pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu. Jam buka wisata candi jago dari jam 07.00 - 17.00 WIB.


Estimasi biaya dan transportasi umum dari Jakarta :
  • Jakarta - Malang (Pahala Kencana) : Rp. 220.000 (harga diskon redbus)
  • Angkot AT - Rest Area Tumpang : Rp. 10.000
  • Tiket Masuk Candi Jago : Rp. 5.000 ( sukarela)