Indahnya Air Terjun Kapas Biru

Air terjun Kapas Biru atau juga bisa disebut Coban Kapas Biru terletak di Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun kapas biru diperkiraan tingginya sekitar 80 meter. Air terjun kapas biru mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 2015. Lokasi air terjun kapas biru jaraknya kurang lebih 70 Km dari kota Malang dan 51 Km dari kota Lumajang. Akses menuju air terjun kapas biru juga terbilang mudah sekali dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Khusus pengguna angkutan umum terutama bis, bisa naik bis dari malang ataupun lumajang. Jika dari malang naiknya dari pasar atau terminal gadang dengan keberangkatan pertama sekitar jam 05.00 WIB.

Karena penasaran dengan keindahanya, maka saya mencoba berkunjung ke air terjun kapas biru dan air terjun yang ada disekitarnya. Saya dari Jakarta mencoba sendiri ingin melihat keindahan air terjun kapas biru menggunakan angkutan umum . Pada tanggal 3 nopember 2019 saya menggunakan bus dari jakarta dengan rute jakarta ngawi, karena sebelum ke malang rencananya ingin mampir sebentar di benteng Van Den Bosch Ngawi. Setelah jalan-jalan di ngawi selesai, saya melanjutkan perjalanan menuju air terjun kapas biru via surabaya menggunakan bus sugeng rahayu. Karena dari ngawi berangkat sudah agak siangan akhirnya sampai di terminal purabaya bungurasih  sore hari. Sambil menunggu dinihari, saya menyempatkan sejenak keliling surabaya di kala malam, dan setelah keliling surabaya akhirnya menumpang bermalam di terminal sampai pagi.

Setelah memasuki jam 03.00 menjelang subuh, kemudian naik bis medali mas tujuan malang dan sampai di terminal arjosari malang sekitar subuh. Sesampainya di terminal arjosari tidak lupa melkasanakan kewajiban lima waktu dan bersih-bersih badan. Setelah sholat subuh dan bersih bersih di terminal malang kemudian lanjut naik angkot menuju terminal gadang. Dari terminal gadang kemudian dilanjutkan kembali naik bis medium jurusan malang - lumajang via dampit. Jangan salah naik bis ya, karena ada 2 bis dengan arah yang sama, ada yang hanya sampai dampit dan ada yang langsung ke lumajang, naiklah yang langsung lumajang. Perjalanan menuju pronojiwo menempuh jarak sekitar 65 Km dengan lama perjalanan kurang lebih 3 Jam. Jalur yang di lewati yaitu turen - dampit - ampelgading. Jalanan menuju lumajang  berliku-liku naik turun bukit dan keluar masuk hutan, jadi bagi pengguna kendaraan pribadi jika lewat disini harus berhati-hati. Setelah memasuki perbatasan malang - lumajang kurang lebih 3 Km sampailah di jalan menuju air terjun kapas biru. Setelah turun dari bis kemudian jalan kaki menuju lokasi air terjun. Patokanya yaitu jalan yang ditandai dengan spanduk besar bertuliskan air terjun kapas biru

Sugeng Rahayu, naik dari Ngawi ke Surabaya

Medali Mas (Surabaya - Malang)

Malinda (Malang - Lumajang)

Jarak dari jalan raya menuju loket wisata air terjun kapas biru kurang lebih 200 meter dengan kontur jalan sudah dicor dan bisa dilewati kendaraan roda empat. Setelah beres urusan loket, kemudian lanjut menuju air terjun. Awal perjalanan melewati perkebunan salak dan bambu sebelum akhirnya langsung bertemu jalan turun yang sangat curam. Disini wajib berhati-hati karena jalanan sangat curam dan di satu titik ada tangga dari besi dengan kemiringan 90 derajat. Setelah melewati tangga curam, jalan terus menurun berbatu dan licin sekali karena basah terkena hujan. Terus berjalan di trek yang sangat licin dengan sisi kanan jurang dan sisi kiri tebing, dapat dibayangkan bagaimana nanti saat kembali pasti sangat menguras tenaga. Mungkin bisa di ibaratkan jalur ke air terjun kapas biru merupakan latihan fisik jika kita hendak naik gunung. Setelah berjalan beberapa saat, kemudian melewati tebing yang tinggi dan terdapat air terjun yang kalau tidak salah namanya Coban Dedek. Air terjun ini debit airnya kecil tapi lumayan tinggi, jalur menuju kapas biru tepat dibawah coba dedek ini.

jalan menuju air terjun setelah turun dari bis

sedikit gambaran trek menuju air terjun

coban dedek, lumayan tinggi

Terus berjalan dengan santai dan tetap berhati-hati, karena kadang jalan landai tetapi juga terkadang  menanjak. Setelah beberapa saat berjalan lalu  melewati sawah yang tidak terlalu luas, dan setelah melewati sawah sampailah di lokasi air terjun kapas biru. Wow sekali panoramanya dan perjuangan yang cukup sulit terbayar dengan panorama indah dari air terjun. Karena debit airnya sangat besar dan tebing tebingnya sangat tinggi, disarankan tidak mandi tepat di bawah air terjun.

Setelah puas menikmati keindahan air terjun,  akhirnya kembali lagi karena hari sudah siang dan juga untuk mengejar waktu jadwal bis menuju malang, dikawatirkan jika kesorean bis yang menuju malang sudah habis. Jalur kembali dari air terjun menurun dan landai, tetapi setelah melewati coban dedek jalurnya terjal dan sangat menanjak. Jalurnya sama persis dengan jalur jika kita naik gunung, sangat menanjak dan licin sampai memasuki lahan yang dipenuhi pohon salak dan bambu. Setelah sampai loket lalu melapor dan terus langsung berjalan guna mengejar jadwal bis yang menuju ke malang. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya datanglah bis yang ditunggu-tunggu menuju malang. Karena cukup lelah akhirnya tidur ayam dibis, kadang tidur dan kadang bangun. Setelah 3 jam perjalanan sampai juga di pasar gadang. Dari pasar gadang kemudian naik ojek online untuk mempersingkat waktu agar bisa istirahat sebentar dan bersih-bersih di stasiun malang, karena jika menunggu angkot kawatir lama  Akhirnya setelah beristirahat dan makan serta melakukan kewajiban 5 waktu,  sayonara malang dan lumajang,,, Insya Allah susatu saat kembali lagi menuju kotamu dengan mengunjungi lokasi lokasi wisata yang sangat indah dan menarik lainya.