Jalan-jalan ke Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Wanurejo, Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Candi Pawon tidak begitu jauh dari Candi Borobudur atau dari Candi Mendut. Jaraknya kurang lebih 1,7 Km dari Borobudur dan 1,4 Km dari Candi Mendut. Walaupun letaknya berdekatan dengan candi-candi itu, tetapi banyak masyarakat yang tidak tau tentang candi pawon dan tidak tau juga lokasinya. Mungkin karena candinya tidak terlalu besar atau entah mengapa bisa kurang dikenal. Tapi sangat menarik untuk dicoba jalan-jalan sekaligus belajar sejarah mengenai candi-candi di jawa tengah. Candi Pawon dapat dijangkau sangat mudah menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4, bahkan sangat mudah juga dijangkau dengan angkutan umum. Saya dari Jakarta mencoba berkunjung ke Candi Pawon menggunakan angkutan umum.
Jika menggunakan angkutan umum dari jakarta bisa menggunakan Pesawat, Kereta Api atau Bus. Tujuan utamanya yaitu Yogyakarta, kenapa Yogyakarta ? karena dari sinilah paling mudah angkutan umumnya. Jika kita menggunakan bus, dari jakarta carilah bus tujuan Jogja, kemudian turun di terminal jombor. Dari terminal Jombor kemudian dilanjut lagi naik bus medium jurusan Jombor - Borobudur. Jangan lupa memberitahu kepada crew bus untuk turun di Candi Pawon.

Bus jurusan Jogja - Borobudur

Setelah turun dari bus kemudian jalan kaki menuju Candi Pawon. Jarak Candi Pawon dari kita turun bus kurang lebih 300 meter. Posisi Candi Pawon masuk ke dalam komplek perkampungan, jadi Candi Pawon tidak terlihat dari jalan raya. Kalau diurutkan dari jogja, kita akan melewati Candi Mendut dahulu baru kemudian Candi Pawon.

Tiket masuk Candi Pawon yaitu Rp. 3.500. Tiket tersebut berlaku untuk masuk Candi Pawon dan Candi Mendut. Jadi jika setelah dari Candi Pawon kemudian mampir ke Candi Mendut, maka hanya akan diperiksa tiketnya saja di loket masuk begitu juga sebaliknya.









Rincian biaya dan Waktu tempuh dari Jogja ke Candi Pawon :
  • Tiket Bus Medium : Rp. 15.000
  • Tiket Masuk Candi : Rp. 3.500
  •  Jombor - Candi Pawon : 45 Menit