Kawah Rengganis - Pesona tersembunyi di Bandung Selatan


Kawah Rengganis atau kawah cibuni terletak di bandung bagian selatan atau lebih tepatnya 3 km sebelah selatan situ patenggang. Kawah rengganis namanya memang tidak setenar kawah putih, namun kawah rengganis juga tidak kalah cantiknya dengan kawah putih. Kawah rengganis masih terlihat asri dan alami, karena memang belum banyak yang tau tentang kawah ini. Selain sebagai tujuan wisata, kawah rengganis juga dikenal dengan tujuan ziarah. Karena di kawah rengganis juga terdapat situ dan makam yang dikeramatkan oleh warga sekitar.

Untuk menuju kawah rengganis sangat mudah sekali dicapai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, cukup ikuti saja arah situ patenggang, setelah melewati situ patenggang kira-kira 3 km lagi sudah sampai jalan arah masuk kawah rengganis. 


Angkutan umum ke Kawah Rengganis dari Jakarta

Jika menggunakan angkutan umum dari jakarta bisa menggunakan bus atau kereta api. lebih baik menggunakan bus umum. Dari terminal kampung rambutan gunakan bis jurusan bandung (leuwipanjang), atau juga bisa juga dari pool primajasa cawang dan pool primajasa ciputat. Dari jakarta tujuan bandung kemudian turun di terminal leuwipanjang. Dari terminal leuwipanjang lanjut lagi dengan angkutan sejenis elf atau colt tujuan bandung - ciwidey dan turun di terminal ciwidey. Lama perjalanan kurang lebih 45 menit kondisi jalan normal.

Dari terminal ciwidey dilanjut lagi dengan bus kecil atau bus medium jurusan ciwidey - cidaun. Setelah melewati situ patenggang, kurang lebih 3 kilometer lagi sampailah dijalan masuk menuju kawah rengganis. Perjalanan dari ciwidey kurang lebih 45 menit. Setelah turun dari bis, kemudian jalan kaki ke arah kiri menuju kawah rengganis dengan jarak kurang lebih 1 km.

Angkutan Bandung - Ciwidey di terminal ciwidey

PO. Primajasa Bandung - Jakarta

Ada dua jalan meuju kawah, ada jalan lama dan ada juga jalan baru. Jalan lama berupa jalan kecil yang hanya muat untuk roda dua dan rencana jalan ini ditutup diganti dengan jalan baru. Sedangkan jalan baru letaknya 300 meter sebelum sampai jalan lama. Jalan ini cukup besar dan kemungkinan bisa dilewati bis besar. 

jalan lama menuju kawah

jalan baru menuju kawah

panorama sepanjang jalan baru

jalan kecil menuju kawah

Rincian biaya transportasi :
  • Jakarta - Bandung : Rp. 75.000
  • Bandung - Ciwidey : Rp. 13.000
  • Ciwidey - Cibuni : Rp. 15.000
  • Tiket Masuk : Rp. 20.000
  • Cibuni - Ciwidey : Rp. 15.000
  • Ciwidey - Bandung : Rp. 13.000
  • Bandung - Jakarta : Rp. 75.000