Jalan-jalan ke Pantai Santolo


Pantai Santolo merupakan pantai yang berada di kecamatan cikelet, kabupaten garut, jawa barat. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang terkenal di daerah garut. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang cukup indah dan dibagian pesisir pulau santolo banyak terdapat karang. Pantai Santolo berjarak sekitar 88 km dari pusat kota garut. Untuk menuju ke pantai santolo dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua, dan bisa juga menggunakan angkutan umum. Apabila menggunakan angkutan umum, jika dari Jakarta bisa menggunakan bus jurusan jakarta - garut kemudian turun di terminal garut. Dari terminal garut bisa melanjutkan lagi menggunakan angkutan sejenis elf jurusan garut - pameungpeuk kemudian turun di pameungpeuk. Dari pameungpeuk ke pantai santolo berjarak kurang lebih 5 km, namun saat saya kesana tidak ada angkutan umum, jadi bisa menggunakan ojek atau menyewa kendaraan roda empat. 

Saya mencoba mengunjungi pantai santolo dengan menggunakan kendaraan roda dua. Perjalanan diawali dari daerah pasar minggu kemudian menuju bandung melalui jalur cileungsi-jonggol-cianjur dan padalarang. Perjalanan memakan waktu 5 jam perjalan santai, kemudian beristirahat di daerah nagreg. Setelah cukup puas beristirahat perjalanan dilanjutkan kembali menuju garut yang memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Kemudian dari garut saya melalui samarang-cikajang-cisompet dan akhirnya setelah 4 jam perjalanan sampailah di pameungpeuk. Sepanjang perjalanan dari garut menuju pameungpeuk kondisi jalan 70% bagus, namun 95% jalan berkelok-kelok seakan-akan tidak ada habisnya dan jika malam hari sangat gelap karena minim lampu penerangan jalan.

Dari pameungpeuk masih berjarak 5 km lagi menuju pantai santolo dengan memakan waktu kurang lebih 20 menit. Sebelum memasuki pantai, saya menjumpai lokat wisata dan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Setelah itu kita melewati lokasi Lapan dan setelah itu mulailah terlihat gugusan pantai berpasir putih dan sampailah di pantai santolo. Setelah sampai kemudian langsung memarkirkan kendaraan dengan tarif Rp. 5.000.

Pasir putih pantai santolo

Setelah istirahat, dilanjutkan menikmati keindahan pantai santolo dan jika kita meuju pulau santolo, maka harus menyeberang sungai kecil dengan menggunakan perahu dengan tarif Rp. 2.500. Ternyata setelah memasuki pulau santolo masih harus membayar lagi tiket masuk dengan tarif Rp. 3.000.

Perahu penyeberangan



Loket Pulo Santolo