Tugu Muda


Tugu Muda terletak di  Kota Semarang atau ditengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda dan Jalan Dr. Sutomo. Sebelah Utara Tugu Muda ini terdapat Gedung Pandanaran di sebelah Timur terdapat Lawang Sewu, di sisi selatan berhadapan dengan Museum Mandala Bhakti, serta di sebelah barat Tugu Muda terdapat Wisma Perdamaian. 
Tugu Muda merupakan  sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalampertempuran lima hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Tugu Muda didirikan atas prakarsa Koordinasi Pemuda Indonesia. Namun, karena mengalami sebuah kendala dalam pendanaan, akhirnya rencana inipun gagal. Pada tahun 1951 dibentuklah Panitia Tugu Muda yang diketuai Subeno Sosro Wardoyo (Walikota Semarang pada saat itu). Desain Tugu Muda sendiri dirancang oleh Salim, sedangkan pada bagian relief dikerjakan oleh seniman yang bernama Hondro. Dan akhirnya Tugu muda diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953, bertepatan dengan Hari Hari Kebangkitan Nasional  oleh Ir. Soekarno Presiden Republik Indonesia.



Apabila ingin berkunjung ke Tugu Muda menggunakan angkutan umum sangat mudah. Bisa menggunaka Bus Trans Semarang dari terminal Mangkang ataupun dari Penggaron. Bisa juga menggunakan Bus Trans Semarang jurusan Terboyo - Terminal Sisemut (terminal ungaran) kemudian turun di Halte Balai Kota atau Halte SMA 5. Atau juga bisa menggunakan bus umum jurusan Terboyo - Mangkang dan kemudian turun di depan Tugu Muda. Jika menggunakan Kereta Api juga sangat mudah. Bisa turun di Stasiun Semarang Tawang atau Semarang Poncol. Kemudian menggunakan bus Trans Semarang seperti yang diatas.