Museum Uang Purwokerto



Museum Bank Rakyat Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Museum Uang adalah satu-satunya museum perbankan di Indonesia yang berada di Purwokerto. Museum yang terdiri dari dua lantai, dan letaknya di Jalan Sudirman ini bersebelahan dengan Kantor Unit BRI cabang Wiriatmadja. Oleh karena itu masyarakat Purwokerto lebih mengenalnya dengan alamat di Jalan Wiriatmadja.
Museum ini diresmikan oleh Kamardy Arief, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 19 Desember 1990. Didirikan di Purwokerto karena di kota inilah cikal bakal BRI didirikan oleh Patih R Aria Wiriatmadja, pada tanggal 16 Desember 1895.

Di dalam museum, pengunjung dapat menyaksikan koleksi mata uang logam dan kertas dari era Orde Lama (Orla), Orde Baru (Orba) sampai era Reformasi saat ini. Disana bisa dilihat mata uang dari jaman Majapahit, mata uang Belanda, Jepang, dan beragam sarana kerja yang digunakan dalam aktivitas perbankan.




Apabila hendak berkunjung ke Museum Uang dengan menggunakan angkutan umum sangat mudah sekali. Dari Stasiun Purwokerto tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 600 meter. Jika dari terminal Purwokerto bisa menggunakan angkot jurusan Stasiun Purwokerto dan turun tepat di depan Museum Uang.