Pantai Klayar, Pesona yang Tak Terlupakan


Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar merupakan pantai dengan pasir putih dengan batu karang dan tebing tebing yang menambah kecantikan panorama pantai. Pantai Klayar masih dalam satu baris pantai dengan pantai pantai disekitarnya seperti Pantai Buyutan, Pantai Banyu Tibo dan Pantai Teleng Ria. Fenomena paling unik di Pantai Klayar adalah batu karang yang menjulang dengan cantiknya mirip bangunan Sphinx. Disamping itu juga suasana pantai yang cukup sejuk karena banyak pepohonan. Pantai Klayar juga menjadi Icon utama wisata di Kabupaten Pacitan. Akses menuju Pantai Klayar sampai saat ini hanya bisa di jangkau dengan kendaraan pribadi roda 4, kendaraan roda 2 dan bus berukuran kecil. Mengapa demikian ? karena jalur yang dilewati menuju pantai terbilang sangat ekstrim. Dan dibeberapa bagian jalan masih sempit sehingga kendaraan bus besar masih sulit untuk melintas.


Transportasi menuju Pantai Klayar dengan angkutan umum jika kita dari luar Kota Pacitan sangat mudah, hanya saat menuju pantainya saja yang sedikit repot jika kita menggunakan angkutan umum.
  • Dari Jakarta, kita bisa menggunakan bus umum jurusan Jakarta - Pacitan. Ada beberapa contoh bus yang menuju Pacitan seperti PO. Aneka Jaya, PO. GMS, PO, Agra Mas. dari Jakarta jurusan Pacitan kemudian turun di Pasar Punung atau pertigaan yang ada masjid besar. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai.
  • Dari Surabaya, anda bisa menggunakan angkutan umum bus jurusan Surabaya - Pacitan. Ada beberapa bus yang langsung ke Pacitan seperti PO. Aneka Jaya. Kemudian turun di terminal Pacitan dan dilanjut dengan bus umum menuju ke Punung. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai. 
  • Dari Solo, anda bis amenggunakan bus umum jurusan Solo - Pacitan. kemudian turun di Pasar Punung atau pertigaan yang ada masjid besar. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai.

Jarak Pantai Klayar dari Pasar Punung kurang lebih 30 Km dengan melewati jalur yang cukup ekstrim karena banyak sekali tikungan tajam, naik turun jalan yang cukup menantang. Jalur menuju Pantai Klayar masih sama dengan jalur jika kita menuju Goa Gong, Pantai Banyu Tibo dan Pantau Buyutan. Adapun tarif masuk ke Pantai Klayar yaitu Rp. 10.000 (Juni 2016). 
Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Klayar cukup lengkap, ada toilet umum, Mushola dan warung sangat mudah ditemui di sini.