Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo merupakan pantai yang sangat indah dan unik. Uniknya karena terdapat sebuah air terjun kecil yang disebut Banyu Tibo. Banyu artinya Air, sedangkan Tibo artinya Jatuh atau terjun. Jadi itulah mengapa disebut Pantai Banyu Tibo. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Banyu Tibo masih satu garis pantai dengan pantai pantai indah di Pacitan. Untuk menuju ke Pantai Banyu Tibo hanya bisa menggunakan kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2. Namun jika menggunakan kendaraan roda , sedikit sulit ketika sudah mendekati lokasi pantai, karena jalan menuju pantai terbilang kecil dan berupa jalan cor kanan kiri dan saat mendekati pantai jalan makin sempit hanya di cor bagian tengah saja.

Jalur termudah menuju Pantai Banyu Tibo yaitu melalui jalur menuju Goa Gong. Dari jalan utama Solo - Pacitan jika kita dari arah Solo kita langsung menuju ke Pacitan dan kemudian di pertigaan pasar Punung atau pertigaan yang ada masjid besar Punung kita belok ke arah kanan, kemudian setelah bertemu pertigaan lagi kita belok kanan lagi meuju arah Goa Gong. Setelah melewati Goa Gong terus menuju jurusan Kalak. Ketika sampai di perempatan balai desa Kalak ambil kekiri, setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan lagi dan kemudian ambil arah kanan. Disitu percabangan antara Pantai Banyu Tibo dan Pantai Klayar. ikuti terus sesuai petunjuk arah dan jangan ragu untuk bertanya sama masyarakat sekitar jika kita bingung arah. Adapun jarak dari Pasar Punung menuju Pantai Banyu Tibo sekitar 30 Km dengan melewati jalur yang cukup ekstrim, karena jalur yang dilewati banyak sekali tikungan tajam dan tanjakan serta turunan yang cukup menantang.

Jika kita dari luar Kota Pacitan yang menggunakan angkutan umum :
  • Dari Jakarta, anda bisa menggunakan bus umum tujuan Jakarta - Pacitan. ada beberapa contoh bus yang menuju Pacitan seperti PO. Aneka Jaya, PO. GMS, PO, Agra Mas. dari Jakarta jurusan Pacitan kemudian turun di Pasar Punung atau pertigaan yang ada masjid besar. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai. Lalu ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan diatas tadi.
  • Dari Surabaya, anda bisa menggunakan angkutan umum bus jurusan Surabaya - Pacitan. Ada beberapa bus yang lngsung ke Pacitan seperti PO. Aneka Jaya. Kemudian turun di terminal Pacitan dan dilanjut dengan bus umum menuju ke Punung. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai. Lalu ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan diatas tadi.
  • Dari Solo, anda bis amenggunakan bus umum jurusan Solo - Pacitan. kemudian turun di Pasar Punung atau pertigaan yang ada masjid besar. Dari tempat turun bis kemudian anda bisa menyewa kendaraan sejenis elf atau kendaraan pribadi lainya, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju pantai. Lalu ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Tarif masuk lokasi Pantai Banyu Tibo termasuk murah, saat saya berkunjung kesana tarifnya Rp. 2.500 (Juni 2016). Tidak usah ragu bertanya jika kita bingung, karena papan petunjuk arah ada namun kecil dan loketnya masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya. Dari loket masuk ke Pantai jaraknya kurang lebih 1 - 1, 5 km melalui jalan kecil dan disarankan naik kendaraan roda 2 saja, karena jika menggunakan roda 4 akan sulit ketika kita berpapasan dengan kendaraan roda 4. Adapun fasilitas umum di Pantai cukup lengkap, ada Toilet umum, Mushola dan juga Warung.