Candi Jawi



Candi Jawi terletak di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Candi ini terletak diantara jalan raya Kecamatan Pandaan - Kecamatan Prigen. Candi Jawi diperkirakan dibangun sekitar abad ke 13 yang merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Singosari. Candi Jawi sendiri fungsinya adalah untuk menyimpan abu raja Singosari yang terakhir yaitu Raja Kertanegara. Candi Jawi dipugar untuk kedua kalinya tahun 1938 - 1941 dalam masa pemerintahan Hindia Belanda, namun renovasinya tidak sampai selesai dikarenakan banyak batu yang telah hilang. Kemudian diperbaiki kembali tahun 1975 - 1980 dan diresmikan tahun 1982. Dibagian belakang candi juga terdapat bangunan seperti bajangratu yang sudah runtuh yang menurut informasi sudah tidak bisa di pugar kembali. 












Jika anda ingin  ke Candi Jawi sangat mudah sekali transportasinya. Bisa menggunakan angkutan umum, kendaraan roda 4 dan juga kendaraan roda 2. Bagi anda yang menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bus baik dari kota Surabaya ataupun Malang.
  • Dari Surabaya, dari terminal bus Purabaya anda bisa menggunakan bus jurusan Malang tetapi yang lewat Pandaan, kemudian nanti turun di terminal Pandaan. Kemudian dari terminal pandaan dilanjut menggunakan angkutan umum sejenis Colt L300 jurusan Pandaan - Trawas atau Pandaan - Tretes. Jarak dari terminal pandaan sampai Candi Jawi sekitar 5 km. Setelah perjalanan 5 km atau sekitar 15 menit maka sampailah di Candi Jawi yang terletak disisi kanan jalan. 
  • Dari Malang, dari terminal arjosari anda bisa menggunakan bus jurusan Surabaya yang lewat Pandaan, kemudian turun di terminal Pandaan. Kemudian dari terminal pandaan dilanjut menggunakan angkutan umum sejenis Colt L300 jurusan Pandaan - Trawas atau Pandaan - Tretes. Jarak dari terminal pandaan sampai Candi Jawi sekitar 5 km. Setelah perjalanan 5 km atau sekitar 15 menit maka sampailah di Candi Jawi yang terletak disisi kanan jalan. 

Untuk tarif masuk ke Candi Jawi tidak di kenakan tarif atau sukarela, tetapi anda tetap diwajibkan mengisi buku tamu yang sudah dijaga oleh petugas. Jam buka lokasi wisata Candi Jawi yaitu jam 07.30 - 16.00 WIB.

Angkutan menuju Candi Jawi dari Terminal Pandaan