Candi Gana yang terlupakan



Candi Gana terletak di Dusun Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Nama Candi Gana masih banyak orang yang tidak tau dimana letaknya dan seperti apa bentuk candinya, karena memang Candi Gana masih awam terdengar namanya karena letaknya berada di tengah-tengah pemukiman warga. Candi Gana oleh masyarakat sekitar disebut juga dengan Candi Asu. Candi Gana diperkirakan dibangun pada abad ke IX Masehi dimasa Dinasti Syailendra atau masa kerajaan Mataram Kuno.

Untuk menuju ke Candi Gana bisa menggunakan angkutan umum bus, kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2. Apabila anda dari Kota Jogja ataupun kota Solo, rute menuju ke Candi Gana hampir sama dengan menuju ke Candi Plaosan.

Apabila menggunakan angkutan umum bus :
  • Dari Jogja, anda bisa naik bus jurusan Solo. Kemudian turun di lampu merah pintu masuk Candi Prambanan. Setelah turun kemudian jalan kaki atau naik delman atau juga bisa naik becak ke arah kiri atau menyusuri jalan Candi Sewu. Setelah berjalan kurang lebih 1 km atau tepatnya depan Candi Sewu ada jalan kecil ke kanan lalu anda belok kekanan dan jalan kaki sekitar 100 meter (sepeda motor, becak dan pejalan kaki yang bisa masuk)  Nah sudah sampailah di Candi Gana dan posisi Candi ada sebelah kiri.
  • Dari Solo, nda bisa naik bus jurusan Jogja. Kemudian turun di lampu merah pintu masuk Candi Prambanan. Setelah turun kemudian jalan kaki atau naik delman atau juga bisa naik becak ke arah kanan atau menyusuri jalan Candi Sewu. Setelah berjalan kurang lebih 1 km atau tepatnya depan Candi Sewu ada jalan kecil ke kanan lalu anda belok kekanan dan jalan kaki sekitar 100 meter (sepeda motor, becak dan pejalan kaki yang bisa masuk) sekitar 100 meter. Nah sudah sampailah di Candi Gana dan posisi Candi ada sebelah kiri.