Candi Plaosan, Pesona nan Cantik


Candi Plaosan terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Posisinya kurang lebih 500 meter sebelah timur laut dari kompleks Candi Prambanan. Candi Plaosan diperkirakan di bangun pada abad ke - 9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan dimasa kerjaan Medang atau dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.
Kompleks Candi Plaosan terdiri Candi Plaosan Lor dan Plaosan Kidul dan jarak keduanya hanya sekitar 200 meter hanya dipisah oleh jalan raya.


Untuk menuju ke Candi Plaosan sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 4, roda 2 ataupun angkutan umum. Jika kita menggunakan angkutan umum khususnya bus, anda yang berasal dari Jogja ataupun Solo bisa menggunakan bus umum dan kemudian turun di lampu merah dekat pintu masuk utama Candi Prambanan. Setelah turun, kemudian dilanjutkan berjalan kaki menuju ke Candi Plaosan kurang lebih 1,5 - 2 Km. Disarankan yang tidak mau cape ataupun repot bisa sewa delman ataupun ojek.
Untuk anda yang dari Jakarta patokan utamanya yaitu Jogja ataupun Solo, kemudian lanjut ke arah Prambanan.





Untuk tiket masuk Candi dikenakan tarif yang cukup murah, yaitu Rp. 2.500. anda sudah bisa menikmati pesona menarik Candi Plaosan Lor ataupun Plaosan Kidul. Untuk yang menggunakan roda 4 ataupun roda 2 rutenya sama, yaitu Lampu merah Prambanan. Untuk akses jalan sangat bagus, semua jenis kendaraan masuk bahkan sampai bus besar juga bisa masuk menuju komplek Candi Plaosan.

Lokasi Wisata Candi yang terdekat dengan Candi Plaosan yaitu :
  • Candi Gana
  • Candi Sewu
  • Candi Prambanan
  • Candi Sari
  • Candi Kalasan